Jumat, 30 Oktober 2009

WASTAFEL

WASTAFEL

Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia


Seiring dengan perkembangan zaman desain kamar mandi sangat perlu diperhatikan agar kamar mandi terasa nyaman. Adapun salah satu unsur kamar mandi yang perlu diperhatikan adalah wastafel. Wastafel atau lavatory mempunyai bentuk dan model yang bermacam-macam, akan tetapi fungsi dari wastafel itu sendiri adalah sama yaitu tempat untuk cuci tangan, bercukur, menggosok gigi dan bercermin.

Bentuk wastafel sangat beragam ada yang bulat, kotak, oval dan sebagainya. Disarankan agar dalam pemilihan wastafel diperhatikan konsep dari kamar mandi itu sendiri apakah desain minimalis atau klasik sehingga wastafel itu dapat menyatu dengan kamar mandi. Untuk sekarang trend yang berkembang adalah konsep kamar mandi minimalis modern dan wastafel yang dipilih sebaiknya berbentuk kotak ataupun mangkuk. Untuk bahan wastafel dapat dipilih yang terbuat dari keramik atau kaca tempered yang terlihat transparan.

Pemilihan warna wastafel dapat dipilih sesuai dari jati diri pemilik rumah atau untuk desain kamar mandi anak dapat dipilih wastafel dengan warna yang lebih mencolok. Tetapi secara umum warna wastafel adalah putih karena warna ini mudah dipadukan dengan unsur lain yang ada di kamar mandi seperti keramik, closet dan kran-kran. Pemilihan ukuran wastafel sangat dipengaruhi dari ukuran ruang kamar mandi, bila kamar mandi cukup luas dapat dipilh wastafel dengan ukuran yang lebih besar dan bila sebaliknya ukuran kamar mandinya tidak besar dapat dipilih ukuran wastafel yang kecil.

Tipe wastafel dapat dibagi atas tiga macam yaitu :

  1. Pedestal Lavatory

Ciri khas dari Pedestal Lavatory adalah wastafel ini mempunyai tumpuan yang bisa terbuat dari keramik, stainless ataupun playwood sehingga dapat berdiri sendiri tanpa memerlukan dudukan tambahan dan umumnya tidak perlu membuat lemari wastafel lagi.

  1. Counter Lavatory

Counter lavatory adalah jenis wastafel yang sangat memerlukan dudukan untuk ditempati dan lebih baik lagi dibuat lemari wastafel. Jenis ini dibagi dua ada wastafel yang dipasang di atas dudukan atau di dalam dudukan. Adapun dudukan dapat terbuat dari playwood atau beton dan top tablenya sebaiknya granit atau marmer

  1. Wall Hung Lavatory

Wall Hung Lavatory adalah wastafel gantung yang digantung di dinding kamar mandi dan biasanya dari produsen sudah disediakan bracketnya.

Pada umumnya wastafel mempunyai dua lubang yang terletak di bawah dan samping (ada tipe tertentu dari wastafel tidak mempunyai lubang di samping}. Lubang yang di bawah wastafel dapat dibuka dan ditutup, bila ditutup berfungsi untuk menampung air atau cuci muka dan untuk lubang di samping berfungsi untuk buang air apabila lubang bawah wastafel ditutup agar air tidak meluber.

Pemasangan wastafel disarankan dengan tinggi 80 cm dari lantai kamar mandi dan jangan lupa untuk memilih kran yang cocok dengan wastafel. Marilah memilih wastafel yang cocok untuk kamar mandi Anda, yang jelas wastafel Anda akan memberikan kesan istimewa bagi rumah anda.