Tuesday, November 3, 2009

RUMAH RAMAH LINGKUNGAN

RUMAH RAMAH LINGKUNGAN
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia

Rumah ramah lingkungan adalah rumah yang dapat memanfaatkan energi alam di sekitar rumah seperti angin, hujan dan cahaya matahari. Bisa dikatakan bahwa rumah ramah lingkungan adalah konsep rumah hemat energi.
Faktor yang mendukung sebuah rumah yang ramah dengan lingkungan ada dua faktor yaitu :
1. Pemilihan bahan (material)
- Untuk peralatan listrik sebaiknya menggunakan yang hemat energi seperti penggunaan bohlam atau AC hemat energi. Untuk Pemanas air sebaiknya menggunakan tenaga matahari (Solar Water Heater)
- Mengurangi penggunaan elemen kayu, hal ini untuk menyingkapi semakin berkurangnya jumlah kayu hutan kita. Untuk atap kita dapat menggunakan rangka baja ringan, untuk plafond menggunakan gypsum dengan rangka besi hollow dan kusen, daun jendela dan pintu menggunakan alumunium/PVC/UPVC
- Atap matahari, penggunaan sel surya yang berbentuk genteng dan dipasang seperti genteng pada umumnya yang digunakan sebagai sumber energi listrik.
2. Desain
- Plafond yang tinggi, berguna untuk mengurangi radiasi panas dalam ruangan
- Pengaturan sirkulasi angin, rumah harus banyak memiliki bukaan atau jendela agar memperlancar sirkulasi udara dan dapat juga meningkatkan kualitas kesehatan penghuni rumah.
- Kanopi setiap jendela, berfungi untuk menghindari sinar matahari dan curah hujan yang berlebih.
- Tidak menutupi seluruh permukaan halaman rumah dengan perkerasan yang kedap air, agar air hujan dapat terserap ke dalam tanah dan menghindari banjir.
- Membuat sumur resapan, agar air hujan tidak mengalir di permukaan begitu saja yang nantinya mengakibatkan volume air banjir dan air tanah menjadi kritis.
- Luas bangunan sebaiknya tidak lebih dari 60% luas bangunan.
Rumah ramah lingkungan dapat dibuat di mana saja. Mulai dari pinggir kota, tengah kota bahkan rumah-rumah di pedesaan, asalkan memperhatikan faktor-faktor yang tersebut di atas. Marilah kita berhemat energi demi bumi kita tercinta.

No comments:

Post a Comment

KPP Pratama Serang Barat

Setiap instansi membuat standarisasi gedung dan interiornya sesuai dengan hasil diskusi dan perancangan sehingga desain yang lama dari bangu...