Friday, July 30, 2010

Peletakkan Kamar Tidur

MERENCANAKAN POSISI
KAMAR TIDUR
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia
                                       
Kamar tidur adalah merupakan ruang pribadi yang membutuhkan perencanaan dalam peletakkannya. Kamar tidur untuk sekarang ini bukan hanya berfungsi sebagai tempat beristirahat atau melepaskan lelah saja tetapi kamar tidur juga menjadi multi fungsi yaitu sebagai ruang kerja, ruang baca dan juga sebagai menonton televisi.

Sebaiknya lokasi kamar tidur tidak langsung berdampingan dengan ruang publik seperti garasi, ruang tamu dan jalan umum. Hal ini perlu dihindari karena ruang-ruang tersebut menimbulkan kebisingan sehingga mengganggu kenyamanan di dalam kamar tidur.

Letakkanlah kamar tidur yang memungkinkan adanya bukaan agar sinar matahari dan udara dapat masuk ke dalam kamar tidur.  Dengan adanya jendela menjadikan kamar tidur tidak lembab karena sinar matahari dapat masuk dan sirkulasi udara membuat ruangan menjadi segar.

Bila rumah direncanakan bertingkat sebaiknya kamar tidur diletakkan pada lantai atas, karena selain memberikan ketenangan juga mempunyai pemandangan yang bagus bila kita membuka jendela. Akan tetapi perlu pertimbangan bila yang berusia lanjut karena kemungkinan akan sulit bila harus naik turun tangga.

Kamar tidur yang tidak mempunyai kamar mandi di dalam seharusnya diletakkan berdekatan dengan kamar mandi, janganlah terlalu jauh apalagi melewati ruang lain karena sangat mengganggu aktifitas sebelum dan sesudah mandi sehingga menjadi kurang nyaman.






No comments:

Post a Comment