Kamis, 01 Juli 2010

Ruang Karaoke

DESAIN RUANG KARAOKE
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia
                                       

Konon secara naluriah manusia tidak lepas dari musik. Hal ini dapat terlihat pada peristiwa tertentu seperti ulang tahun dan pernikahan bahkan kematian ada alunan musik. Musikpun sebagai salah satu alternatif menghilangkan rasa jenuh dan stress akibat kesibukan kerja atau hal lainnya. Oleh karena itu ada sebagian rumah tinggal dilengkapi ruang karaoke sebagai tempat hiburan keluarga dan tentunya mempererat keakraban antar anggota keluarga.

Desain ruang karaoke yang utama adalah pemilihan bahan akustik. Bahan akustik bermacam-macam tergantung fungsinya. Ada yang fungsinya meredam getaran, memperkuat pantulan suara sampai menyebarkan bunyi. Prinsip dasar dari ruang kedap suara adalah menutup semua celah udara. Bila ruang karaoke terdapat jendela kaca sebaiknya kaca dibuat rangkap agar ada perangkap suaranya dan celah-celah kusen diusahakan tertutup serapat mungkin.

Dalam melakukan perencanaan akustik janganlah lupa tentang perencanaan tema ruangan, warna, efek lampu dan sofa yang akan dipilih. Untuk warna dinding sebaiknya warna yang dipilih warna yang gelap untuk menghindari distorsi pada proyektor. Untuk penerangan gunakan model downlight dengan lampu jenis incandescent bulbs atau disebut juga lampu pijar dengan warna kuning agar berkesan cozy. Tambahkan juga dimmer control/dimmer switch untuk menciptakan dan mengatur efek dramatis dari cahaya agar lebih realistis. Untuk lantai pilihlah bahan material yang mudah dibersihkan atau dapat juga meletakkan karpet dengan warna yang agak gelap.