Friday, July 30, 2010

Taman Vertikal

TAMAN VERTIKAL
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia
                                       
Lahan sempit bukan merupakan halangan untuk menciptakan taman yang indah di rumah anda. Taman dapat diciptakan dengan cara vertikal dan tentunya tidak membutuhkan lahan yang cukup luas.

Taman vertikal adalah menanam tanaman dengan dibantu rangka kayu atau besi dan rangka tersebut dapat berdiri sendiri atau menempel di dinding (bisa juga menggunakan kawat). 

Perlu diperhatikan bahwa untuk membuat taman vertikal diperlukan tanaman yang merambat atau menjalar dan tanaman tersebut tidak terlalu sulit dalam perawatannya. Tanaman yang menjalar di dinding selain memperindah tampilan rumah juga menciptakan udara yang segar dan mengurangi panas matahari masuk ke dalam rumah sehingga mengurangi beban AC rumah anda.

Carport dengan rangka kayu atau besi dapat juga dijadikan taman dengan penutup atapnya diganti dengan tanaman merambat dan dirangka-rangkanya tersebut dapat juga diletakkan pot gantung. Tentunya hal ini memberikan keunikan tersendiri bagi rumah anda.

Taman vertikal tidak hanya diletakkan pada bagian luar saja tetapi juga dapat diletakkan pada taman dalam. Penanamannya pada prinsipnya sama dengan bagian luar hanya saja perlu diperhatikan jenis tanamannya, sebaiknya pilihlah tanaman yang tidak membutuhkan sinar matahari yang banyak


1 comment:

  1. Untuk mengetahui lebih jauh bagaimana membuat taman vertikal dengan sistim modern, kunjungi www.trisigma.co.id

    ReplyDelete

KPP Pratama Serang Barat

Setiap instansi membuat standarisasi gedung dan interiornya sesuai dengan hasil diskusi dan perancangan sehingga desain yang lama dari bangu...