Saturday, February 5, 2011

Tips Merenovasi Rumah


TIPS MERENOVASI RUMAH
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia, MBA       
(Diterbitkan di Satelit News Tanggal 5 Pebruari 2011)
                           
Dalam merenovasi rumah sangat perlu perencanaan yang matang agar budged yang dianggarkan tidak membengkak. Perlu diketahui bahwa biaya merenovasi rumah yang dihitung adalah biaya pembongkaran dan biaya pemasangan baru.

Konsep perencanaan dalam merenovasi adalah sangat penting karena umumnya setelah renovasi berjalan banyak perubahan disana sini dan tidak sesuai lagi dengan konsep awal. Hal ini perlu komitmen khusus bagi pemilik rumah agar biaya yang telah dianggarkan sesuai dan rumah yang diidamkan dapat terwujud.

Pemilihan bahan dan material yang akan digunakan juga sangat penting untuk menyesuaikan anggaran yang kita miliki. Tentunya bila anggaran kita berlebih bahan dan material yang digunakan dapat dipilih yang berkualitas satu, akan tetapi bila anggaran terbatas dapat dipilih bahan dan material yang rendah.

Pemilihan waktu untuk renovasi perlu diperhatikan juga, sebaiknya janganlah dipilih saat musim hujan karena ini tetntunya menghambat pekerjaan. Tentukan juga sistem pembayaran untuk tukang apakah dibayar secara harian atau borongan karena kedua sistem ini mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

No comments:

Post a Comment

KPP Pratama Serang Barat

Setiap instansi membuat standarisasi gedung dan interiornya sesuai dengan hasil diskusi dan perancangan sehingga desain yang lama dari bangu...