Saturday, July 17, 2010

Kusen Alumunium

KUSEN ALUMUNIUM
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia
                                       
Adanya teknologi yang semakin berkembang akan mempengaruhi juga dalam pemilihan bahan-bahan bangunan, salah satunya adalah kusen untuk rumah tinggal. Kusen pada umumnya terbuat dari kayu seperti kayu kamper, jati atau ulin. Akan tetapi harga dari kayu sudah semakin mahal dan kualitasnya pun tidak bagus lagi sehingga alternatif kusen aluminium adalah salah satu pilihan.

Kusen alumunium pada awalnya digunakan di perkantoran dan pusat perbelanjaan dan untuk sekarang ini sudah banyak digunakan juga di rumah tinggal. Kusen alumunium mempunyai kelebihan antara lain tidak lapuk, tidak terpengaruh oleh suhu udara, perawatan mudah dan tahan lama.

Kusen aluminium sangat cocok sekali untuk rumah dengan gaya minimalis karena unsur materialnya yang modern dan garis horisontal dan vertikal yang tegas. Warna kusen alumunium dapat dicat berwarna putih, cokelat dan warna lain tergantung selera pemilik rumah. Tampilan kusen alumunium pun dapat berbentuk urat kayu seperti kayu asli dengan dilapis warna kayu.

Kekurangan dari kusen alumunium adalah permukaannya yang mudah tergores dan bentuknya yang tidak bisa dibuat lengkung. Perlu diperhatikan adalah pemakaian sealant atau karet penyekat antara kaca dengan alumunium sebaiknya pilihlah sealant yang berkualitas baik sehingga tahan lama dan tidak mudah terkelupas dan terjadi rembesan bila hujan turun.

No comments:

Post a Comment

KPP Pratama Serang Barat

Setiap instansi membuat standarisasi gedung dan interiornya sesuai dengan hasil diskusi dan perancangan sehingga desain yang lama dari bangu...