Tuesday, June 21, 2011

Jendela sebagai Penyalur Cahaya Matahari


JENDELA SEBAGAI PENYALUR CAHAYA MATAHARI
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia, MBA 
(Diterbitkan di satelit News Tanggal 18 Juni 2011)
                              
Dalam mendesain rumah perlu dipertimbangkan juga unsur penghematan energi listrik terutama mengurangi konsumsi listrik pada siang hari. Caranya adalah dengan memanfaatkan cahaya alami yaitu sinar matahari pada rumah anda. Dengan memanfaatkan cahaya matahari secara maksimal selain mengurangi beban pembayaran listrik bulanan juga membuat rumah anda menjadi sehat.

Sinar matahari akan masuk mealalui jendela dan glassblock yang dipasang di dinding. Semakin besar jendela dibuat maka semakin besar cahaya yang masuk ke dalam rumah dan begitu juga sebaliknya. Sebaiknya jendela dibuat melebar agar cahaya matahari dapat didistribusikan secara merata, akan tetapi bila jendela berbentuk memanjang maka cahaya matahari yang masuk terlalu banyak dan tidak merata.

Penempatan jendela perlu diperhatikan dengan baik agar cahaya matahari yang masuk dapat dipergunakan secara maksimal dan juga dapat menunjang interior dalam rumah. Bentuk jendela juga mempengaruhi cahaya yang masuk ke dalam rumah dan memberikan efek cahaya yang berbeda-beda.



1 comment: