Sunday, April 4, 2010

Gorden

GORDEN CANTIK
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia
                                       
Fungsi utama gorden adalah untuk menjaga privacy bagi penghuni rumah dari pandangan orang luar dan juga berfungsi sebagai penahan dari sinar matahari yang masuk ke rumah.  Selain fungsi utama tersebut, ternyata gorden memberi andil dalam memperindah ruang dan sebaiknyalah kita perlu mengetahui tentang pemilihan gorden yang serasi bagi rumah kita.

Pemilihan model gorden sebaiknya disesuaikan dengan tema ruang yang dipilih apakah bergaya modern atau klasik. Untuk bergaya modern umumnya gorden berbentuk simple dan sebaliknya gorden bergaya klasik berbentuk lebih rumit. Bagi mereka yang memiliki rumah dengan ruang yang kecil sebaiknya pilihlah warna yang lembut dengan motif polos agar ruang berkesan luas.

Pemilihan warna bahan gorden dapat menggunakan lebih dari satu warna misalnya kombinasi warna hijau dengan kuning atau perbedaan dari gradasi warna yang senada.  Ada beberapa tipe motif gorden seperti bahan polos tanpa motif, garis lurus, kembang-kembang, lingkaran dan motif gambar anak-anak (contoh : Winnie The Pooh atau Mickey Mouse).  

Pemasangan gorden dapat dikombinasikan dengan vitrase. Bahan vitrase umumnya transparan dan berwarna putih atau krem. Fungsi vitrase adalah mengurangi sinar matahari sehingga ruang menjadi sejuk. Dianjurkan untuk pemasangan gorden pada bagian akhir dalam mendekorasi ruang agar bahan gorden yang dipilih dapat serasi dan sesuai dengan perabot rumah yang telah dimiliki.

No comments:

Post a Comment