Tuesday, April 27, 2010

Kamar Bayi

TIPS MENYIAPKAN
KAMAR BAYI
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia
                                       
Menyambut buah hati yang akan menyemarakkan suasana rumah anda adalah hal yang sangat menyenangkan dan tentunya butuh persiapan terutama menyiapkan kamar bayi. Sebaiknya ukuran kamar bayi cukup luas karena mempertimbangkan orang dewasa yang akan merawatnya dan letaknya berdekatan dengan kamar tidur orang tua agar lebih mudah dalam memantaunya.

Kamar bayi haruslah diletakkan pada ruang yang tidak bising agar bayi tidak terganggu. Sirkulasi dalam kamar bayi perlu diperhatikan apakah sudah cukup bukaan baik jendela ataupun lubang angin karena ruang yang sehat adalah ruang yang udaranya saling bergantian secara terus menerus. Pencahayaan kamar bayi haruslah cukup terang tetapi tidak menyilaukan karena mata bayi  yang belum sempurna sangat sensitif.

Aktifitas yang dilakukan bayi pada umumnya adalah tidur, menyusui/makan dan ganti pakaian yang semuanya itu dilakukan oleh ibu atau perawat, sehingga furniture yang dibutuhkan harus mempertimbangkan juga kegiatan yang merawatnya. Ukuran box bayi dapat dibuat sesuai kebutuhan dan jarak jeruji box bayi satu dengan yang lainnya haruslah kurang dari 10 cm agar kepala bayi tidak terjepit. Buatlah meja bayi (babytafel) dengan pelapis tahan air sebagai tempat untuk mengganti baju bayi dan buatlah laci-laci tempat menyimpan popok bayi dan perlengkapan bayi lainnya. Letakkan sofa satu seater sebagai tempat sang ibu menyusui dan menidurkan bayi. Sebagai pelengkap pilihlah wallpaper sesuai dengan tema yang anda pilih dan serasikanlah lampu gantung (hanging lamp) dengan walllpapernya.




No comments:

Post a Comment