Friday, January 14, 2011

Open air Bathroom

OPEN AIR BATHROOM
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia 
(Diterbitkan di Satelit News Tanggal 15 Januari 2011)           
                       
Open air bathroom adalah sebuah konsep desain kamar mandi yang back to nature (kembali ke alam) yang menjadikan aktifitas di kamar mandi memberikan sensasi tersendiri. Sebenarnya konsep ini sudah lama ada yaitu pada masyarakat di daerah pedesaan dan sekarang mulai diterapkan pada daerah perkotaan.

Konsep open air bathroom sangat cocok bagi rumah tinggal yang bergaya etnik, tropis dan mediterania.  Atap yang terbuka dan taman indoor adalah dasar utama untuk pembuatan open air bathroom. Atap yang terbuka bukan berarti terbuka secara keseluruhan karena bagaimanapun juga kamar mandi itu bersifat private.

Pada area shower atau bathtub pada bagian atapnya dapat saja dibuat terbuka tetapi diberi teralis dari kayu atau besi dan atasnya dihiasi dengan tanaman merambat. Sehingga kesan keterbukaan dan kedekatan kepada alam tercapai tetapi privasi tetap terjaga.

Taman indoor pada kamar mandi juga memberikan efek green design sehingga suasana pedesaan dapat diciptakan dan angin sepoi-sepoi yang datang dari kisi-sisi atap memberikan imajinasi tersendiri dalam beraktifitas di kamar mandi.

No comments:

Post a Comment