Monday, February 15, 2010

Penataan Meja Makan di Hari Imlek

PENATAAN MEJA MAKAN
DI HARI IMLEK
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia
                                       
Imlek atau Tahun Baru Cina adalah perayaan terpenting bagi orang keturunan Tianghoa yang merupakan perayaan menyambut pergantian tahun. Di malam Imlek biasanya mereka mengadakan santap malam bersama yang dilakukan di rumah atau restoran. Alangkah menyenangkan bila perayaan imlek dapat dilakukan di rumah sendiri dan tentunya kita perlu menyiapkan penataan meja makan yang baik agar anggota keluarga atau tamu yang kita undang menjadi terkesan.

Menu makanan utama yang biasanya disajikan pada hari Imlek adalah ikan bandeng dan letakkanlah di tengah-tengah meja makan agar menjadi ketertarikan visual.  Ikan bandeng dapat disajikan pada piring datar yang besar dengan warna yang kontras dan untuk masakan berkuah siapkanlah piring cekung atau mangkuk. Makanan atau lauk kering dapat diletakkan pada piring datar dengan ukuran yang disesuikan dengan banyaknya makanan. Siapkan piring makan di dekat kursi makan dan letakkan sendok pada sebelah kanan dan garpu pada sebelah kiri. Jangan lupa pula sediakan gelas untuk minum.

Pastikan warna taplak meja tidak terlalu kontras agar warna makanan yang kita sajikan lebih menonjol sehingga menimbulkan selera makan. Siapkan serbet dan letakkanlah yang dapat terjangkau dan dapat juga dengan menyediakan tissu. Untuk dekorasi letakkan lilin dengan warna khas imlek yaitu merah sebagi pemanis. Tidak lupa pasanglah lampion di ruang makan agar kesan imlek lebih terasa.
  

No comments:

Post a Comment