Sunday, February 21, 2010

Penataan Perabot untuk Rumah Kecil

PENATAAN PERABOT
UNTUK RUMAH KECIL
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia
                                       
Rumah dengan luasan yang kecil memberikan tantangan tersendiri bagi kita untuk mengisi perabot rumah dan untuk itu perlu pengetahuan khusus agar rumah mungil kita dapat nyaman untuk dinikmati.

Warna perabot untuk rumah mungil sebaiknya dipilih warna-warna cerah agar berkesan luas dan bentuknya sederhana serta sedikit profil. Untuk pembatas ruang dapat menggunakan partisi kayu (folding screen) atau dapat juga berbentuk rak tempat pajangan atau hiasan. Aquarium dapat juga digunakan sebagai pembatas ruang antara ruang tamu dan ruang keluarga.

Pemilihan sofa untuk ruang tamu disesuaikan dengan ukuran ruangan sehingga tidak perlu membeli sofa satu set (3+2+1 seaters). Untuk ruang keluarga jangan memaksakan menempatkan sofa bila ruangan tidak memungkinkan, kita dapat meletakkan karpet untuk menonton tv. Pilihlah furniture dengan multifungsi seperti meja tamu yang berbentuk box selain berfungsi untuk tempat minum tamu juga berfungsi tempat menaruh koran dan buku-buku di dalamnya.

Manfaatkanlah ruangan semaksimal mungkin seperti ruangan bawah tangga buatlah lemari yang bisa berfungsi sebagai gudang atau bisa juga dijadikan tempat tv (entertainment centre). Untuk ruang makan dapat digabung bersama dapur sehingga pemanfaatan ruang menjadi efisien. Sebagai pelengkap letakkan cermin yang akan memberikan kesan ruang menjadi lebih luas.






No comments:

Post a Comment