Sunday, March 7, 2010

Aquarium Penyekat Ruang

AQUARIUM SEBAGAI
PENYEKAT RUANG
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia
                                       
Penyekat ruang berfungsi untuk membedakan fungsi atau kegiatan ruang satu dengan yang lainnya. Penyekat ruang dapat berupa panel kayu lipat (folding screen), rak terbuka (devider shelf) dan lemari dua muka (devider cabinet).  Penyekat ruang tersebut di atas memberikan kesan tidak masif dan terbuka dibandingkan dengan membuat dinding.

Aquarium terbuat dari kaca yang umumnya berbentuk kotak sehingga dapat dilihat dari berbagai sisi. Sangat menarik sekali apabila aquarium dijadikan sebagai penyekat ruangan terutama untuk membatasi antara ruang tamu dengan ruang keluarga atau ruang makan. Tentunya penyekat ruang ini berbentuk lemari (cabinet) dengan aquarium di dalamnya.

Aquarium yang diletakkan pada sebuah ruang akan berkesan natural, tidak monoton dan menjadikan aquarium sebagai point interest. Lemari aquarium dapat dibuat dengan tinggi, panjang dan lebar sesuai keinginan dan kondisi ruang. Lemari aquarium dapat berupa cabinet dengan tinggi 80 cm dan di atasnya diletakkan aquarium atau dapat juga dikombinasikan dengan disamping kiri, kanan atau atas aquarium dibuat lemari pajangan sehingga menjadi multi fungsi. Sebaiknya penempatan aquarium dekat dengan sumber listrik karena aquarium membutuhkan listrik untuk menggerakkan pompa dan lampu sebagai hiasan. Selain itu aquarium harus juga dekat dengan sumber air (kamar mandi) agar dalam proses pengisian air dan pembersihan menjadi mudah dan tidak membuat kotor ke ruang lain.







No comments:

Post a Comment

KPP Pratama Serang Barat

Setiap instansi membuat standarisasi gedung dan interiornya sesuai dengan hasil diskusi dan perancangan sehingga desain yang lama dari bangu...