Wednesday, March 17, 2010

RUMAH TUMBUH

KONSEP
RUMAH TUMBUH
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia
                                       
Perencanaan sebuah rumah sangat penting dilakukan agar rumah yang kita idamkan dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan. Sebuah rumah yang kita dambakan terkadang tidak bisa terwujud langsung tetapi dilakukan secara bertahap. Tahapan tersebut bisa dilakukan karena kebutuhan ruang dan jumlah anggota keluarga ataupun karena anggaran yang terbatas.

Bagi pasangan muda kebutuhan ruang yang cenderung dibutuhkan hanya ruang inti saja seperti satu tempat tidur dan ruang tamu, keluarga dan dapur. Akan tetapi bila penghuni bertambah seperti mempunyai anak dan pembantu tentunya membutuhkan penambahan ruang. Bila anggaran kita terbatas pembangunan rumah dapat dibangun secara bertahap dan akan dilanjutkan kembali pembangunannya bila anggaran sudah ada.

Jadi Rumah Tumbuh adalah rumah yang pembangunannya secara bertahap dan telah dipertimbangkan desain dan strukturnya sehingga bila telah selesai merupakan satu kesatuan utuh. Pembangunan rumah secara bertahap dapat dilakukan secara horisontal maupun vertikal. Secara horisontal adalah pembangunan rumah yang dilakukan secara melebar maupun memanjang. Pembangunan secara horisontal perlu dipertimbangkan desain atap agar tampak bangunan tetap menyatu. Pembangunan secara vertikal adalah pembangunan dengan  menambah lantai atas (bertingkat) dan sangat perlu diperhatikan masalah strukturnya. Umumnya rumah tumbuh dewasa ini ke arah pembangunan secara vertikal mengingat harga tanah yang semakin mahal.




No comments:

Post a Comment

KPP Pratama Serang Barat

Setiap instansi membuat standarisasi gedung dan interiornya sesuai dengan hasil diskusi dan perancangan sehingga desain yang lama dari bangu...