Wednesday, March 17, 2010

Mendesain Kitchen Set

MENDESAIN
KITCHEN SET
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia

Ada tiga fungsi utama dapur yang perlu diperhatikan dalam mendesain kitchen set yaitu cooking (memasak), mencuci (zink) dan storage (penyimpanan). Ketiga fungsi utama ini sebaiknya tidak terlalu jauh sehingga mudah terjangkau antara aktifitas satu dengan yang lainnya.


Datalah kitchen appliance yang anda miliki seperti microwave, ovenwave dan freezer agar dapat tertampung pada desain kitchen set anda, Tentukan juga jenis kompor yang dipilih apakah kompor portable, kompor tanam (built in cooker/hob) dan kompor berdiri (freestanding cooker) karena akan mempengaruhi kabinet dapur bagian bawah.

Ketinggian standar untuk kabinet dapur bagian bawah (cupboard) adalah 80 cm s/d 85 cm dan kabinet atas (over head cupboard)  adalah 80 s/d 90 cm. Jarak antara kabinet bawah dengan kabinet atas adalah antara 60 cm s/d 70 cm. Untuk ukuran kabinet atas terkadang sampai dengan ketinggian plafond, hal ini biasanya dikarenakan kebutuhan tempat untuk menyimpan perkakas  yang banyak.

Di atas zink dapat diletakkan rak piring gantung untuk meletakkan piring yang telah dibersihkan atau dapat juga meletakkan rak piring dorong di kabinet bawah. Buatlah laci-laci pada kabinet bawah untuk menyimpan seperti sendok dan garpu. Dapat juga membuat laci dengan diberi sekat-sekat untuk menyimpan botol kecap atau botol sirup.





  




No comments:

Post a Comment

KPP Pratama Serang Barat

Setiap instansi membuat standarisasi gedung dan interiornya sesuai dengan hasil diskusi dan perancangan sehingga desain yang lama dari bangu...