Monday, May 3, 2010

KERAMIK LANTAI

KERAMIK LANTAI
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia
                                       
Keramik lantai digunakan sebagai penutup lantai yang mempunyai kelebihan tahan lama, mudah dibersihkan, harga relatif ekonomis dan sifatnya yang dingin sangat cocok sekali bagi daerah tropis. 

Keramik lantai mempunyai ukuran yang bermacam-macam dan pemilihan ukuran lantai keramik tergantung kesan yang ingin anda dapat contoh agar ruang berkesan luas sebaiknya pilihlah keramik dengan ukuran yang lebih besar. Motif /corak dan warna keramik lantai umumnya tidak begitu beragam dibandingkan dengan keramik untuk dinding, karena fungsi utama keramik lantai adalah untuk penutup lantai sedangkan keramik dinding sebagai hiasan atau dekoratif.

Membedakan antara keramik dinding dengan keramik lantai dapat dilihat dari bagian belakangnya karena pada dasarnya bahan yang digunakan berbeda. Bagian belakang keramik lantai berwarna kemerahan sedangkan keramik dinding berwarna putih atau krem. Keramik lantai mampu menahan beban berat sehingga keramik lantai umumnya lebih tebal dibandingkan dengan keramik dinding. Permukaan keramik lantai ada yang licin (glossy), kasar (matt) dan semi kasar (semi matt). Untuk keramik glossy dapat dipakai pada ruang tamu, ruang keluarga dan kamar tidur. Keramik dengan permukaan kasar (matt) digunakan di daerah basah seperti kamar mandi agar tidak tergelincir, sedangkan untuk keramik dengan permukaan semi matt dapat digunakan di daerah teras atau balkon agar bila terkena air hujan lantai tidak licin.

No comments:

Post a Comment