Wednesday, January 13, 2010

DAPUR SEHAT

DAPUR SEHAT
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia
Dapur merupakan salah satu ruang yang memiliki peranan yang penting dalam bagian rumah tinggal. Di dapur inilah tempat mengolah bahan-bahan mentah menjadi bahan yang siap saji yang akan diberikan dan disantap kepada anggota keluarga. Dapur yang sehat akan menghambat pertumbuhan bakteri dan kuman dan tentunya akan menjaga kesehatan para penghuninya.
Sebaiknya dapur memiliki jendela sebagai tempat sirkulasi udara dan masuknya sinar matahari. Apabila posisi dapur tidak memungkinkan untuk mendapatkan sirkulasi udara alami dapat menggunakan exhaust fan atau cooker hood yang banyak ragamnya di pasaran. Pencahayan buatan harus memadai (tidak redup dan silau) agar kegiatan memasak seperti perubahan warna makanan dapat diketahui.
Lantai dapur sebaiknya lebih tinggi 5 – 10 cm dari ruangan sekitarnya agar mempermudah pembersihan akibat sisa-sisa olahan yang tercecer di lantai dan pilihlah lantai dapur yang tidak licin karena area dapur rentan sekali terpercik minyak dan air. Jauhkan kompor dengan jendela agar nyala api tidak tertiup angin dan tirai jendela tidak mengarah ke nyala api. Bersihlanlah dapur setelah selesai memasak dan buanglah sampah setiap hari karena sampah yang lebih dari satu hari akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan menjadi tumbuhnya bakteri dan jamur.

No comments:

Post a Comment