Sunday, January 24, 2010

PENCAHAYAAN BUATAN

PENCAHAYAAN BUATAN

Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia

Sumber pencahayaan terbagi dua yaitu pencahayaan alami dan buatan. Pencahayaan alami yaitu pencahayaan dari sinar matahari yang masuk ke dalam rumah dan pencahayaan buatan adalah penerangan lampu. Penataan cahaya lampu pada interior rumah sangatlah penting agar dapat memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah. Pencahayaan yang baik harus memperhatikan unsur teknis, estetika, gaya dan warna lampu.

Menurut SNI (Standard Nasional Indonesia) untuk daya pencahayaan di rumah tidak boleh melebihi dari 10 watt/m2. Perhitungan daya dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu fungsi ruang (untuk menentukan terang lampu), jenis lampu (berpengaruh terhadap kuantitas cahaya yang dipancarkan) dan jumlah titik lampu (agar distribusi lampu merata dan sesuai kebutuhan).

Lampu berfungsi bukan hanya sebagai alat penerangan saja tetapi juga sudah merupakan salah satu unsur estetika pada interior rumah. Penataan lampu yang baik akan menghadirkan suasana rumah sesuai dengan apa yang diinginkan dari pemilik rumah. Pemilihan model lampu sebaiknya disesuaikan dengan gaya rumah apakah minimalis atau klasik agar keseimbangan dan nilai estetika pada rumah tetap terjaga. Warna cahaya lampu dapat disesuaikan pada setiap ruang untuk menciptakan efek psilologis, contoh ruang tidur orang tua dapat menggunakan lampu yang berkekuatan rendah untuk kesehatan dan menghadirkan suasana yang teduh atau penggunaan lampu yang terang untuk kamar anak agar membangkitkan semangatnya dan menghindari rasa takut anak untuk tidur di kamarnya.

No comments:

Post a Comment