Tuesday, January 26, 2010

DESAIN CARPORT

CARPORT MENARIK
RUMAH JADI CANTIK
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia
                                         
Kata carport diperkenalkan pertama kali oleh arsitek Frank Llyod Wright pada tahun 1936 yang terdiri dari dua suku kata yaitu CAR dan PORT yang artinya sebagai sebuah ruang untuk memarkir mobil. Pada bangunan rumah fungsi carport sebagai tempat mobil berteduh dan berfungsi juga menambah nilai estetika tampilan rumah. Terkadang carport dapat berfungsi sebagai area bermain anak atau acara keluarga sewaktu kendaraan tidak ada sehingga carport dapat multi fungsi. Carport terletak pada salah satu sisi luar rumah dan akan tampak terlihat  dari jalan sehingga desain carport perlu perhatian khusus agar keindahan rumah tetap terjaga.

Peletakkan carport sebaiknya tidak menutupi pintu masuk utama dan pertimbangkan manuver kendaraan saat masuk dan keluar carport. Ukuran standar untuk lebar carport adalah 2,5 – 3 meter dan panjangnya 5 meter. Bila carport menampung lebih dari satu mobil maka untuk standar jarak antar mobil adalah minimal 75 cm. Kemiringan lantai 1 – 2.5 % ke arah depan agar air dapat terbuang ke saluran bila pemilik rumah sedang mencuci mobil.  

Pilihlah lantai carport yang permukaannya kasar (unpolish) dan kuat untuk menahan beban berat mobil. Hindari penggunaan batu alam untuk lantai carport karena akan mudah berlumut dan perawatannya lebih sulit. Bentuk dan struktur atap sebaiknya mengikuti desain rumah agar tetap menjadi satu kesatuan bangunan. Material atap carport dapat menggunakan material seperti genteng, kaca, asbes dan polikarbonat. Struktur carport dapat dipilih dari kayu, rangka baja, stainless steel dan balok beton.



1 comment:

  1. kok kang ikhlas wajahny seperti pa iwan purnawan guru fisika di sma pdg, apakah ada hub nya, thanks

    ReplyDelete