Sunday, May 9, 2010

GO GREEN

GO GREEN
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia
                                       
Pemanasan global mengakibatkan meningkatnya suhu permukaan bumi yang menyebabkan perubahan iklim yang sangat ekstrim di bumi. Hal ini disebabkan karena kita sebagai manusia tidak mampu menjaga ekosistem hutan dan juga efek dari rumah kaca. Ada beberapa hal yang mampu kita lakukan dalam mengurangi pemanasan global salah satunya adalah perencanaan rumah dengan konsep Go Green.

Desain rumah dengan konsep Go Green atau disebut juga Green House adalah perencanaan rumah dengan konsep berwawasan lingkungan.  Seperti dengan mempergunakan lanskap pada atap rumah (Green Roof) dan dinding yang ditanami dengan tanaman merambat (Green Wall). Dengan konsep tersebut kita dapat menanam pohon tidak hanya pada halaman saja tetapi juga dapat meletakkan pohon di atap atau di dinding. Tentunya desain ini tidak hanya indah tetapi juga rumah terlihat unik dan tentunya mengurangi suhu panas di dalam rumah.

Dengan konsep Green Roof dan Green Wall suhu di dalam rumah dapat lebih rendah dibandingkan dengan suhu di luar rumah dan penurunannya menurut penelitian hingga 3 s/d 4 derajat Celcius dan dapat mengurangi pemakaian AC sebesar 25%. Selain itu Green Roof dan Green Wall berfungsi juga sebagai filter udara yang membuat udara lebih bersih.

No comments:

Post a Comment