Sunday, May 22, 2011

Jenis Penutup atap


BERBAGAI JENIS PENUTUP ATAP
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia, MBA 
(Diterbitkan di Satelit News Tanggal 21 Mei 2011)
                              
Jenis penutup atap dari suatu hunian banyak jenisnya. Pemilihan jenis penutup atap tergantung dari konsep rumah yang akan dibangun  dan jenis penutup atap mempunyai keuntungan dan kerugian masing-masing.

Jenis penutup atap antara lain adalah sirap, rumbia, genteng tanah liat, genteng beton, genteng keramik, dak beton dan polycarbonate. Gazebo atau saung dapat menggunakan atap rumbia yaitu pohon sejenis palma penghasil pati sagu. Untuk jenis rumah bergaya country akan lebih baik menggunakan jenis atap sirap karena bentuknya yang unik terbuat dari kepingan tipis kayu ulin sehingga jenis atap ini berkesan alami dan menyatu dengan alam.

Untuk rumah sederhana terutama di daerah maka penggunaan genteng tanah liat sangatlah cocok. Rumah bergaya modern ataupun klasik penggunaan genteng beton atau keramik adalah pilihannya, sedangkan untuk jenis ruko atau rukan lebih cocok penggunaan dak beton. Bahan polycarbonate biasanya digunakan untuk penutup atap carport karena berkesan ringan dan cahaya matahari masih bisa menembus bahann\ tersebut.

No comments:

Post a Comment