Thursday, May 19, 2011

Lukisan sebagai Keindahan Visual


LUKISAN SEBAGAI KEINDAHAN VISUAL
Oleh : Ir. Ichlash Damai Asia, MBA
(Diterbitkan di Satelit News tanggal 14 Mei 2011)

Lukisan merupakan karya seni yang dalam penilaiannnya sangatlah subyektif, karena setiap orang mempunyai penilaian tersendiri tentang karya seni. Bisa saja kita mengatakan lukisan itu bagus tapi orang lain mungkin sebaliknya. Keberadaan lukisan dalam sebuah ruang akan memberikan suasana lain dan nilai tersendiri pada ruang tersebut.

Keindahan visual dari sebuah lukisan akan memberikan kekuatan pada nuansa ruang. Lukisan pemandangan yang diletakkan di ruang tamu memberikan suasana ruang yang sejuk dan damai. Lukisan buah-buahan yang diletakkan di dinding ruang makan memberikan efek peningkatan selera makan bagi penghuni rumah.

Umumnya lukisan digantung di dinding setinggi orang dewasa sedang berdiri, maksudnya adalah agar orang bisa menikmati lukisan yang tergantung dengan baik. Pigura atau frame lukisan juga dapat memberikan keindahan bagi lukisannya maupun secara keseluruhan ruang tersebut. Sebaiknya frame lukisan disesuaikan dengan tema ruang, contoh untuk ruang bertema minimalis pilihlah frame lukisan yang tidak ada profilnya atau polos saja. Lukisan pun dapat dijadikan point of interest bila saja lukisan itu mempunyai kesan yang kuat baik dari gambar maupun pewarnaan dibandingkan dengan sekeliling interior ruang.

No comments:

Post a Comment